Read Article

  • Home
  • /
  • Read Article

5 Tips Ini Membuat Cat Eksterior Rumah Lebih Tahan Lama

Administrator

Tips

(896)


storage/NEWS/8.jpg

21 Jul


Cuaca akhir-akhir ini seringkali tak bisa di prediksi. Kondisi cuaca yang berubah seperti terik di siang hari dan turun hujan di malam hari mengakibatkan kondisi rumah jadi perlu perhatian ekstra. Kondisi perubahan cuaca inilah yang dapat mempercepat kerusakan pada bagian eksterior rumah.

 

Panas terik saat siang hari bisa membuat warna cat pada dinding eksterior rumah menjadi pudar dan kusam. Sementara saat musim penghujan tiba, dinding eksterior rumah akan mudah ditumbuhi jamur serta lumut. Bila kondisi ini terjadi pada area eksterior rumah Anda, tak ada cara lain selain mengecat ulang bagian eksterior dinding rumah Anda. Selain itu, bagi Anda yang berniat menjual rumah, dengan mengecat ulang dinding eksterior rumah bisa menjadi salah satu strategi agar tampilan rumah menjadi lebih fresh dan terlihat baru. Simak tips membuat cat eksterior rumah lebih tahan lama berikut.

 

  1. Proses serta teknik mengecat dinding eksterior rumah berbeda dengan area interior. Mengingat bagian luar rumah paling sering terpapar matahari dan hujan, proses pemilihan jenis cat diniding eksterior rumah juga berbeda dengan area interior. Memilih cat yang tahan akan perubahan cuaca (weatherproof) sangat direkomendasikan untuk bagian luar rumah. Anda dapat berkonsultasi lebih dahulu dengan toko cat dan bangunan agar hasilnya lebih maksimal.
  2. Disarankan agar tidak mengecatnya selagi permukaan dinding eksterior dalam keadaan basah. Permukaan dinding harus benar-benar dalam keadaan kering sebelum mulai mengecat. Artinya Anda tidak disarankan mengecat dinding eksterior rumah saat musim hujan.
  3. Jangan lupa untuk tutup pintu dan jendela rumah saat proses pengecatan area dinding eksterior.
  4. Jauhkan tanaman, instalasi AC, antena, dan alat-alat kelistrikan jauh dari jangkauan. Hal ini untuk memaksimalkan proses pengecatan sehingga dapat menjangkau seluruh bagian luar dinding rumah Anda. Bila di beberapa bagian luar rumah didapati lumut yang cukup tebal, maka tak ada cara lain selain membersihkan dinding tersebut dari lumut, baru kemudian Anda bisa mengecatnya.
  5. Setelah semua bagian selesai dicat, biarkan hingga kering secara sempurna dan pastikan anak-anak Anda atau hewan peliharaan tidak menyentuhnya selagi basah.

 

 

Img source : edupaint

Share

Search Article

Category Article

Popular Article